Ini adalah postingan perdana yang saya publish mengenai investasi. Mungkin ada orang yang bertanya, kenapa saya yang berlatar belakang IT, menulis sesuatu yang sangat jauh dari dunia saya. Jawabannya mudah. Karena saya memang mempunya minat yang besar dalam dunia ini, sehingga saya banyak belajar diluar akademis saya, mengenai dunia ini. Beberapa waktu terakhir, saya bahkan telah berhasil memberanikan diri untuk tidak sekedar mempelajari, tapi juga mempraktekkan langsung ilmu yang telah saya dapat.

Sebenarnya saya sudah menyusun beberapa draft tulisan mengenai investasi agar lebih mudah dipahami terutama dari alurnya, seperti mengapa harus investasi, tingkatan kedewasaan finansial, pembukuan sederhana, tujuan finansial, dll. Namun belum sempat saya selesaikan. Dan berhubung banyak dari teman-teman saya yang bertanya mengenai emas, maka tulisan ini saya percepat pengerjaannya dan saya dahulukan untuk dipublish. Ilmu emas ini banyak saya dapat dari guru saya pak ahmad ghozali dan pak endy kurniawan.

emas

emas

Emas, seperti instrumen investasi lain pada umumnya, tingkat pertumbuhannya bisa naik turun setiap harinya, bahkan negatif. Jadi kalo anda berfikir investasi di emas akan selalu naik, anda salah besar.

Pertanyaan terpenting, apa kelebihan dari investasi emas? Ada beberapa kelebihannya baik yang terkait dengan agama maupun tidak. Pada postingan kali ini saya hanya akan menjawab beberapa yang tidak terkait dengan agama. Kelebihannya adalah:

1. Pertumbuhan emas termasuk tinggi

Pertumbuhan emas cukup tinggi. Apalagi jika dibandingkan dengan inflasi. Apa itu inflasi? Untuk memudahkan, saya akan menjawab inflasi sebagai kenaikan harga. Pembahasan lebih lanjut akan saya bahas di postingan yang lain. Seberapa tinggikah pertumbuhan emas? Mari kita lihat grafik di bawah ini:

pertumbuhan emas 2010

pertumbuhan emas 2010

pertumbuhan emas 2011

pertumbuhan emas 2011

Jika kita melihat dari grafik di atas terlihat jelas bahwa pertumbuhan emas cukup tinggi. Pada tahun 2010 pertumbuhannya diatas 22%. Pedangkan pada tahun ini (2011) dalam sampai akhir juli pertumbuhannya 16%. Lebih tinggi dari inflasi umum yang berkisar 7-14%. Bandingkan dengan bunga tabungan anda atau deposito sekalipun.

2. Tingkat resiko sedang

Investasi emas termasuk dalam kategori investasi yang memiliki resiko yang sedang. Tidak rendah, namun juga tidak tinggi.

3. Tingkat liquiditas baik

Liquiditas adalah tingkat kemudahan untuk dikonversi menjadi uang. Jika mau dikonversi menjadi emas, tinggal dijual di antam, toko emas, atau investor lainnya.

================================================

Apa saja produk investasi emas?

1. Emas perhiasan

Emas perhiasan berbentuk perhiasan yang biasanya digunakan oleh wanita. Dapat berupa cincin, gelang, dan sebagainya. Kelebihan emas jenis ini adalah, sesuai namanya, dapat dipergunakan sebagai perhiasan untuk mempercantik penampilan. Namun, dari hasil eksplorasi saya berguru ke beberapa GURU dalam bidang investasi emas, emas jenis ini kurang tepat apabila digunakan sebagai sarana investasi. Hal ini disebabkan perhiasan emas memiliki komponen biaya tambahan yang dibebankan ke konsumen yaitu biaya pembuatan/pembentukan. Dan biasanya cukup tinggi, tergantung tingkat keindahan dan kesulitan buat. Spread emas perhiasan bisa berkisar antara 6 – 30% tergantung kerumitan pembuatannya. Selain itu, tingkat keindahan atau estetika sangat subjektif terhadap manusia dan waktu.

2. Emas batangan

Walaupun namanya emas batangan, namun sebenarnya dapat berupa batang atau koin emas. Satuannya bervariasi mulai dari 1 hingga 1000 gram (1kg). Semakin kecil ukurannya, harga pergramnya akan semakin mahal karena terdapat biaya pemotongan. Jadi lebih untung jika membeli dalam ukuran yang besar, namun memiliki dampak lebih sulit dalam penyimpanannya. Namun jangan takut, ada beberapa cara dalam menyimpan emas yang akan saya bahas pada postingan lainnya.

Grafik emas dapat dilihat pada gambar di atas.

3. Dinar

Dinar adalah koin emas 22 karat seberat 4.25 gram yang digunakan sebagai alat tukar dalam perekonomian Islam di masa lalu. Jadi berbeda dengan beberapa mata uang negara timur tengah yang memiliki nama yang sama. Berbeda dengan emas batangan, satuan dari dinar adalah keping. Jadi seperti uang koin biasa. Lebih mudah dalam memecahnya. Namun dinar memiliki kelemahan, yaitu terkena pajak perhiasan karena dikategorikan sebagai perhisan oleh pemerintah.

Berikut grafik dari dinar:

grafik dinar

grafik dinar

Ada skema menarik untuk membeli dinar yang diberikan oleh www.geraidinar.com. Kita dapat membeli dinnar dengan cara mencicilnya. Skema cicilan berbeda dengan program-program cicilan yang ada pada bank. Simplenya seperti ini: jika harga dinar adalah 1.000.000 per keping dan kita baru punya uang 200.000, maka kita dapat membeli 0,2 keping dinar. Kita dapat trus mencicil sampai satuan yang kita inginkan. Kelebihan lainnya adalah telah ada sistem onlinenya dan dinar dapat disimpan oleh mereka. Kita dapat “mencairkan” dinar kita saat kita inginkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi situsnya langsung.

=====================================================

So bagaimana? sudah ada gambaran mengenai investasi emas? jika masih ada pertanyaan, feel free to ask meleave comment if you like

About these ads