Dewasa Finansial

catat cashflowSetiap orang, sadar atau tidak sadar, setiap hari dikelilingi oleh permasalahan finansial. Mereka tahu bahwa dalam menjalani hidup ini, normalnya, secara umum membutuhkan alat tukar seperti uang agar keinginan-keinginannya dapat tercapai. Tidak terkecuali anak kecil. Ketika ia menginginkan mainan, dia akan meminta orangtuanya untuk membelikannya (menggunakan uang). Apalagi orang dewasa bukan?

Permasalahan finansial yang datang pun sangat beragam. Dari bagaimana mencari pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan, bagaimana menghadapi gaji di angka 5 (baru tanggal 5 sudah habis), bagaimana mempersiapkan dana untuk menikah, dan lain sebagainya. Langkah simpel tapi sulit untuk memecahkan permasalahan finansial itu adalah menjadi sadar finansial.

Sadar finansial menurut saya adalah tahap pertama yang penting untuk dilakukan oleh seseorang secara finansial. Bagaimana seseorang dapat disebut telah sadar finansial? Cukup mudah, tapi sulit dalam pelaksanaannya. Yaitu dengan mengetahui secara pasti berapa pendapatan dan pengeluaran tiap bulannya. Caranya bagaimana? Sangat simpel. Coba untuk mencatat ketika hal tersebut terjadi. Saat menerima gaji, catat. Saat beli makan siang, catat, Saat beli bensin, catat. Saat dapet bonus, catat.

Sebenarnya bagi anda yang bekerja di suatu perusahaan, anda sudah melakukannya, tapi untuk perusahaan anda. Ya. Perusahaan sudah lama menerapkan pencatatan pendapatan dan pengeluaran mereka. Siapa yang melakukan? Salah satunya anda. Coba ingat-ingat, ketika anda membelikan bensin untuk mobil kantor, anda meminta kwitansi bukan? Selain digunakan bagi anda untuk mereimburse duitnya, kwitansi tersebut digunakan untuk mencatat pengeluaran dari perusahaan.

Nah, pribadi anda sangat mirip dengan perusahaan. Pemasukan dan pengeluaran harus dapat diketahui dengan baik. Cara penting tapi sulit adalah dengan mencatatnya. Untuk pemasukan? Sangat mudah. Tapi untuk pengeluaran? Butuh hati yg kuat untuk melakukannya.😀

Lakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Karena hal itu adalah langkah awal yg vital untuk melakukan perencanaan kedepannya. Masak untuk perusahaan anda mau dan rela untuk melakukannya tapi untuk anda sendiri tidak? Ayo mulai mencatat.

Di zaman yang sudah canggih sekarang, sudah banyak alat bantu untuk melakukan pencatatan tersebut. Bisa dengan buku catatan kecil, atau menggunakan aplikasi yang diinstall di handphone anda. Atau jika tidak ingin menginstall, gunakan aplikasi gratisan di situs-situs yang menyediakan jasa seperti itu. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah ngaturduit.

So? Sudahkah anda dewasa finansial?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: