Siapa Bilang Punya Kartu Kredit Itu Buruk? – Part 1 –

1 Comment

Kartu kredit adalah makhluk yang sangat unik. Banyak yang mencacinya, tapi juga banyak yang mencari. Banyak pembicara terkenal yang sangat bersemangat menyarankan untuk menjauhinya, seakan-akan kartu kredit adalah makhluk yang harus dijauhi. Jangan deket-deket dari kehidupan kita deh. Namun disamping itu, mulai ada pembicara yang menyarankan untuk memilikinya.

Karena lebih banyak yang menyarankan baik secara lisan maupun tulisan untuk menjauhinya, biar beda, saya akan membahas “Siapa Bilang Punya Kartu Kredit itu Buruk?

Sebelumnya mari kita membahas apa sih makhluk yang bernama kartu kredit itu. Kartu kredit adalah sebuah kartu yang dikeluarkan oleh Bank. Anda punya? Tunggu dulu. Ini bukan kartu debit atau ATM yang jika kita buka rekening tabungan hampir pasti akan kita miliki (paling gak ditawarkan sama mba2 CS Banknya). Mungkin saja yang Anda punya adalah kartu debit atau ATM, bukan kartu kredit.

Apa sih bedanya?

Intinya sih kalo kartu debit ato ATM itu melekat ke rekening tabungan. Kalo kita gak punya rekening tabungan, ya kita gak bisa punya kartu itu. Transaksi yang bisa dilakukan dengan kartu ini sebesar saldo yang ada di rekening tabungan kita. Jadi kita harus punya uang terlebih dahulu di rekening kita, untuk bisa melakukan transaksi dengan kartu debit ato atm.

Nah kalo kartu kredit beda. Kita gak harus punya uang terlebih dahulu di rekening kita untuk bisa melakukan transaksi. Namanya juga kartu KREDIT. Berarti kartu yang tujuan dibuatnya itu untuk KREDIT aka NGUTANG. Yups. Kartu buat ngutang. Apakah ngutang itu salah? Wah itu kembali lagi deh ke persepsi masing-masing. Kalau buat saya sih, ngutang itu gak salah. Apalagi jaman sekarang. Sepertinya kita pasti akan melakukan yang namanya ngutang. Kecuali kalo kita adalah orang atau dari keluarga yang sangat kaya. Lain kali saya akan membahas mengenai hutang ini.

Nah sekarang balik ke judul. Siapa bilang punya kartu kredit itu buruk? Yang pasti bukan saya. Karena menurut saya punya kartu kredit itu oke. Kenapa oke? Let me explain:

1. Kartu kredit punya promo-promo yang luar biasa menarik.

Yups bener. Pernah dengar kalo makan di restoran A bayar pake kartu kredit bank BingBung diskon 20%? Ato beli gadget B pake kartu kredit bank BingBung diskon 25%? Ato masuk ke wahana rekreasi C pake kartu kredit bank BingBung diskon 50%? Beli tiket bioskop Buy 1 get 1 free? Kalo pas dengan apa yang kita butuhkan, kartu kredit akan menguntungkan kita.

2. Dengan Kartu kredit kita bisa melakukan transaksi via internet di beberapa situs.

Selain dengan menggunakan PayPal dan sejenisnya, kartu kredit juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi via internet. Saya sering terbantu saat mau beli tiket pesawat langsung ke situs webnya. Dan masih banyak lagi. See, kalo pas sama yang kita butuhkan, kartu kredit menguntungkan bukan?

3. Bisa untuk membooking hotel atau travel.

Dengan menggunakan kartu kredit, pihak hotel atau travel punya kepastian dibayar. Jadi beberapa dari mereka menerima book jarak jauh dengan menggunakan kartu kredit.

4. Bisa digunakan di luar negeri

Karena menggunakan teknologi dan jaringan MasterCard atau Visa, kartu kredit dapat digunakan diluar negeri. Hal ini sangat berguna jika kita sering melakuka perjalanan ke luar negeri. Sebenernya tidak harus kartu kredit. Kartu debit pun bisa asalkan kartunya menggunakan teknologi dan jaringan yang Internasional.

5. Dan masih banyak lagi

Mungkin anda bisa menambahkan?

Tapi ada sih yang memang harus kita hindari dari kartu kredit ini. Tadi kan saya bilang kalo kartu kredit itu makhluk yang sangat unik. Nah satu lagi keunikannya adalah, walaupun kartu ini tujuan dibuatnya untuk ngutang, dan ngutang di bank identik dengan bunga, kita sebagai pengguna kartu kredit sebisa mungkin jangan sampe kena bunganya. Ngutang boleh. Tapi jangan sampe kena bunganya. Karena bunga kartu kredit luar biasa tinggi.

Manfaatin aja benefit-benefit yang diberikan sama kartu kredit. Tapi jangan sampe kena bunganya.

Nah bagaimana? Masih berfikiran punya kartu kredit itu buruk? Saya sih nggak.

Cuman memang, bukan sembarang orang yang DAPAT dan COCOK memegang kartu kredit. Siapa saja yang DAPAT dan COCOK? Saya akan membahasnya dipostingan berikutnya.

picture courtesy of www.fairloanrate.com and http://www.shutterstock.com and guardian.co.uk

Advertisements

[FP] Dewasa Finansial

Leave a comment

catat cashflowSetiap orang, sadar atau tidak sadar, setiap hari dikelilingi oleh permasalahan finansial. Mereka tahu bahwa dalam menjalani hidup ini, normalnya, secara umum membutuhkan alat tukar seperti uang agar keinginan-keinginannya dapat tercapai. Tidak terkecuali anak kecil. Ketika ia menginginkan mainan, dia akan meminta orangtuanya untuk membelikannya (menggunakan uang). Apalagi orang dewasa bukan?

Permasalahan finansial yang datang pun sangat beragam. Dari bagaimana mencari pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan, bagaimana menghadapi gaji di angka 5 (baru tanggal 5 sudah habis), bagaimana mempersiapkan dana untuk menikah, dan lain sebagainya. Langkah simpel tapi sulit untuk memecahkan permasalahan finansial itu adalah menjadi sadar finansial.

Sadar finansial menurut saya adalah tahap pertama yang penting untuk dilakukan oleh seseorang secara finansial. Bagaimana seseorang dapat disebut telah sadar finansial? Cukup mudah, tapi sulit dalam pelaksanaannya. Yaitu dengan mengetahui secara pasti berapa pendapatan dan pengeluaran tiap bulannya. Caranya bagaimana? Sangat simpel. Coba untuk mencatat ketika hal tersebut terjadi. Saat menerima gaji, catat. Saat beli makan siang, catat, Saat beli bensin, catat. Saat dapet bonus, catat.

Sebenarnya bagi anda yang bekerja di suatu perusahaan, anda sudah melakukannya, tapi untuk perusahaan anda. Ya. Perusahaan sudah lama menerapkan pencatatan pendapatan dan pengeluaran mereka. Siapa yang melakukan? Salah satunya anda. Coba ingat-ingat, ketika anda membelikan bensin untuk mobil kantor, anda meminta kwitansi bukan? Selain digunakan bagi anda untuk mereimburse duitnya, kwitansi tersebut digunakan untuk mencatat pengeluaran dari perusahaan.

Nah, pribadi anda sangat mirip dengan perusahaan. Pemasukan dan pengeluaran harus dapat diketahui dengan baik. Cara penting tapi sulit adalah dengan mencatatnya. Untuk pemasukan? Sangat mudah. Tapi untuk pengeluaran? Butuh hati yg kuat untuk melakukannya. 😀

Lakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Karena hal itu adalah langkah awal yg vital untuk melakukan perencanaan kedepannya. Masak untuk perusahaan anda mau dan rela untuk melakukannya tapi untuk anda sendiri tidak? Ayo mulai mencatat.

Di zaman yang sudah canggih sekarang, sudah banyak alat bantu untuk melakukan pencatatan tersebut. Bisa dengan buku catatan kecil, atau menggunakan aplikasi yang diinstall di handphone anda. Atau jika tidak ingin menginstall, gunakan aplikasi gratisan di situs-situs yang menyediakan jasa seperti itu. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah ngaturduit.

So? Sudahkah anda dewasa finansial?

 

Microsoft China “Mencuri” Plurk

2 Comments

Tulisan ini sekedar ingin berbagi “kejadian” yang terjadi di dunia bisnis IT belum lama ini (sekitar Desember 2009). Tulisan ini juga sebagai pengantar untuk tulisan yang akan saya buat kemudian.

Anda dapat mengakses versi original dari tulisan ini di sini.

=============================================

MICROSOFT CINA MENCURI LAYANAN MICROBLOGGING NOMOR SATU DI ASIA

Peniruan mungkin merupakan bentuk paling tulus dari sanjungan, namun bila secara terang-terangan mencuri kode, disain, dan elemen-elemen user interface sama sekali tidak bisa dianggap wajar, terutama bila hal tersebut dilakukan oleh perusahaan piranti lunak terbesar di dunia. Ya, kita sedang membicarakan Microsoft.

Ini adalah gambaran singkat dari apa yang telah terjadi:

  • Microsoft Cina secara resmi meluncurkan layanan microblogging-nya sendiri, MSN Juku/Hompy/Mclub, pada bulan November, 2009.
  • Disain dan user interface layanan tersebut AMAT SANGAT MIRIP SEKALI dengan navigasi garis waktu geser kanan-kiri Plurk yang inovatif (lihat tampilan layar di bawah)
  • 80% pengguna dan kode dasar produk tampaknya dicuri lagsung dari Plurk! (lihat bukti di bawah).
  • Plurk sama sekali tidak pernah ditawari atau bahkan bekerja sama dalam kapasitas apapun dengan MS dalam layanan ini.
  • Sebagai layanan yang masih berusia muda dan pemula, kami sangat bingung, terkejut, dan tidak tahu apa yang harus kami lakukan selanjutnya dan membutuhkan dukungan serta saran dari kalian.

Kami mendapat informasi ini pertama kali dari para blogger kenamaan dan para pengguna dari komunitas Taiwan bahwa Microsoft baru saja meluncurkan layanan microblogging baru berbahasa Cina yang tampilannya sangat mirip dengan Plurk. Tidak perlu dikatakan lagi betapa terkejut dan marahnya kami ketika kai pertama kali melihat dengan mata kepala kami sendiri persamaan tampilan penawaran baru Microsoft tersebut dengan Plurk. Dari mulai label filter, emoticon, penempatan kata kerja dan sifat, sistem penilaian Karma, media support, panduan pengguna baru hingga bisa dibilang semua hal yang memberikan Plurk daya tarik dan ciri khas sendiri, penawaran Microsoft Cina ini merampas layanan kami. Anda bisa lihat sendiri: (Microsoft MClub atas, Plurk bawah).

Perbandingan disain Plurk VS Microsoft MClub

Perbandingan disain Plurk VS Microsoft MClub

“Terinspirasi” dengan sedikit berlebihan bukan? Tentu saja kami mengerti orang lain akan termotivasi untuk berusaha menyaingi dan mengambil bagian-bagian kecil elemen visual dan fungsional dari layanan-layanan yang sudah sukses dan berhasil dan membuat versi lokalnya. Plurk sudah menjadi layanan microblogging terbesar di Taiwan, 10x lebih besar dari Twitter di pasar itu saja, dan muncul sebagai jawaban Asia untuk Twitter di banyak negara terbesar di Asia Timur, jadi wajar saja bila Microsoft mungkin melihat adanya kemungkinan membonceng kesuksesan layanan kami yang unik ini dan meluncurkan sesuatu yang mirip di pasar terkait macam Cina. Pada akhirnya bila sesuatu berhasil, yang lain akan menirunya dan berusaha menyesuaikannya ke pasar lain, secara vertikal maupun di tempat lain. Itulah sifat dasar jaringan internet. Dan pada sebagian besar, kami tidak merasa terganggu oleh tiruan. Tentu saja, akan selalu ada keadaan-keadaan yang bisa dianggap pengecualian di mana kami merasa sangat-sangat dirugikan, baik secara hukum maupun secara lebih penting lagi, moral, dan hal ini kebetulan saja menjadi satu dari kasus yang amat jarang terjadi. Bahwa Microsoft melakukan peniruan secara terang-terangan membuat hal ini bahkan menjadi lebih tidak masuk akal.

Mari saya jelaskan. Bila ini hanya kasus inspirasi visual yang berlebihan, mungkin kami akan membiarkannya. Kami tidak akan terburu-buru menghubungi Microsoft, meminta penjelasan tentang apa yang terjadi, dan mencoba mencari pemecahannya secara damai. Namun bukan begitu ceritanya di sini. Ini adalah sesuatu yang jauh lebih menakutkan. Pada pemeriksaan lebih mendalam, kami menemukan bahwa BANYAK kode dasar dan struktur data yang digunakan oleh MClub adalah penjiplakan secara identik dari kode kami. Microsoft telah engambil dari Plurk custom developed libraries, css files dan client code dan secara langsung memasukkannya ke dalam layanan mereka tanpa bahkan berusaha untuk menutupinya! Di bawah ini hanya 3 contoh kecil dari secara harafiah sekian ratus yang telah kami temukan. Setiap developer akan bisa melihat bahwa ini memang pada dasarnya kode yang dijiplak dan dicuri.

Perbandingan kode Plurk VS Microsoft Club

Perbandingan kode Plurk VS Microsoft Club

Beberapa pengguna di dunia blog bahkan berspekulasi bahwa Microsoft Mclub/Juku adalah semacam rekan kerja resmi kami untuk mendapatkan akses masuk kembali ke Cina setelah penyensoran awal kami di wilayah di balik Tembok Besar Cina, setelah sebelumnya kami menjadi layanan microblogging Nomor Satu di Negara tersebut. Mari kita perjelas situasinya. Ketika banyak perusahaan internet dengan reputasi baik telah membentuk kerja sama yang kuat bersama Plurk, menghargai inovasi dan keunggulan pasar kami di Asia, Microsoft sama sekali bukan salah satu dari mereka. Kami tidak pernah dihubungi oleh pihak manapun di M$ untuk bekerja sama dalam usaha tersebut ataupun memberikan ijin secara tertulis atau lisan sebelumnya kepada siapaun dari pihak mereka untuk mengambil kode kami, mengambil CSS kami, dan menjiplak intisari dan etos layanan kami.

Kami masih terkejut ketika menanyakan mengapa Microsoft bahkan mau merendahkan diri ke tingkatan menjiplak pekerjaan pemula yang masih muda dan inovatif dengan sengaja dibandingkan menghubungi kami atau membuat invoasi mereka sendiri. Tentu saja, sangat menyakitkan ketika semua usaha dan kerja keras Anda selama bertahun-tahun untuk menciptakan sesuatu yang unik telah dicuri secara tidak tahu malu. Semakin ironis ketika mengingat bahwa Microsoft telah sering memimpin pertarungan untuk mendukung hokum-hukum IP yang lebih kuat dan melawan pembajakan piranti lunak di Cina.

Berikutnya apa? Kami belum sepenuhnya yakin namun kami akan memeriksa pilihan-pilihan yang ada. Kami telah meminta nasihat dari kolega-kolega yang terhormat, merespon pertanyaan-pertanyaan dari media massa dan mengumpulkan fakta-fakta pada garis waktu kejadian dan para pihak terkait di sini untuk mengerti mengapa dan bagaimana hal ini bisa terjadi.

Kepada jutaan pengguna setia kami: Kami juga membutuhkan bantuan Anda. Kami membutuhkan suara-suara yang keras dan tegas dari Anda. Kami membutuhkan bantuan Anda untuk menyebarkan berita penting ini kepada siapapun yang Anda kenal dan Anda tahu bisa membantu meningkatkan kesadaran mengenai apa yang sedang terjadi. Mohon terjemahkan kisah ini ke dalam bahasa Anda sekalian, bagikanlah dengan media lokal, para blogger, dan teman-teman Anda, dan bantulah kami berjuang dengan baik dan benar bagi Plurk tercinta ini.

Press contact: Dave Thompson (dave@plurk.com), Plurk Asia Pacific Press Contact, +64 9 889 0610

Translated by Nita Sellya

Edited by Ade Anom