Kartu kredit adalah makhluk yang sangat unik. Banyak yang mencacinya, tapi juga banyak yang mencari. Banyak pembicara terkenal yang sangat bersemangat menyarankan untuk menjauhinya, seakan-akan kartu kredit adalah makhluk yang harus dijauhi. Jangan deket-deket dari kehidupan kita deh. Namun disamping itu, mulai ada pembicara yang menyarankan untuk memilikinya.

Karena lebih banyak yang menyarankan baik secara lisan maupun tulisan untuk menjauhinya, biar beda, saya akan membahas “Siapa Bilang Punya Kartu Kredit itu Buruk?

Sebelumnya mari kita membahas apa sih makhluk yang bernama kartu kredit itu. Kartu kredit adalah sebuah kartu yang dikeluarkan oleh Bank. Anda punya? Tunggu dulu. Ini bukan kartu debit atau ATM yang jika kita buka rekening tabungan hampir pasti akan kita miliki (paling gak ditawarkan sama mba2 CS Banknya). Mungkin saja yang Anda punya adalah kartu debit atau ATM, bukan kartu kredit.

Apa sih bedanya?

Intinya sih kalo kartu debit ato ATM itu melekat ke rekening tabungan. Kalo kita gak punya rekening tabungan, ya kita gak bisa punya kartu itu. Transaksi yang bisa dilakukan dengan kartu ini sebesar saldo yang ada di rekening tabungan kita. Jadi kita harus punya uang terlebih dahulu di rekening kita, untuk bisa melakukan transaksi dengan kartu debit ato atm.

Nah kalo kartu kredit beda. Kita gak harus punya uang terlebih dahulu di rekening kita untuk bisa melakukan transaksi. Namanya juga kartu KREDIT. Berarti kartu yang tujuan dibuatnya itu untuk KREDIT aka NGUTANG. Yups. Kartu buat ngutang. Apakah ngutang itu salah? Wah itu kembali lagi deh ke persepsi masing-masing. Kalau buat saya sih, ngutang itu gak salah. Apalagi jaman sekarang. Sepertinya kita pasti akan melakukan yang namanya ngutang. Kecuali kalo kita adalah orang atau dari keluarga yang sangat kaya. Lain kali saya akan membahas mengenai hutang ini.

Nah sekarang balik ke judul. Siapa bilang punya kartu kredit itu buruk? Yang pasti bukan saya. Karena menurut saya punya kartu kredit itu oke. Kenapa oke? Let me explain:

1. Kartu kredit punya promo-promo yang luar biasa menarik.

Yups bener. Pernah dengar kalo makan di restoran A bayar pake kartu kredit bank BingBung diskon 20%? Ato beli gadget B pake kartu kredit bank BingBung diskon 25%? Ato masuk ke wahana rekreasi C pake kartu kredit bank BingBung diskon 50%? Beli tiket bioskop Buy 1 get 1 free? Kalo pas dengan apa yang kita butuhkan, kartu kredit akan menguntungkan kita.

2. Dengan Kartu kredit kita bisa melakukan transaksi via internet di beberapa situs.

Selain dengan menggunakan PayPal dan sejenisnya, kartu kredit juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi via internet. Saya sering terbantu saat mau beli tiket pesawat langsung ke situs webnya. Dan masih banyak lagi. See, kalo pas sama yang kita butuhkan, kartu kredit menguntungkan bukan?

3. Bisa untuk membooking hotel atau travel.

Dengan menggunakan kartu kredit, pihak hotel atau travel punya kepastian dibayar. Jadi beberapa dari mereka menerima book jarak jauh dengan menggunakan kartu kredit.

4. Bisa digunakan di luar negeri

Karena menggunakan teknologi dan jaringan MasterCard atau Visa, kartu kredit dapat digunakan diluar negeri. Hal ini sangat berguna jika kita sering melakuka perjalanan ke luar negeri. Sebenernya tidak harus kartu kredit. Kartu debit pun bisa asalkan kartunya menggunakan teknologi dan jaringan yang Internasional.

5. Dan masih banyak lagi

Mungkin anda bisa menambahkan?

Tapi ada sih yang memang harus kita hindari dari kartu kredit ini. Tadi kan saya bilang kalo kartu kredit itu makhluk yang sangat unik. Nah satu lagi keunikannya adalah, walaupun kartu ini tujuan dibuatnya untuk ngutang, dan ngutang di bank identik dengan bunga, kita sebagai pengguna kartu kredit sebisa mungkin jangan sampe kena bunganya. Ngutang boleh. Tapi jangan sampe kena bunganya. Karena bunga kartu kredit luar biasa tinggi.

Manfaatin aja benefit-benefit yang diberikan sama kartu kredit. Tapi jangan sampe kena bunganya.

Nah bagaimana? Masih berfikiran punya kartu kredit itu buruk? Saya sih nggak.

Cuman memang, bukan sembarang orang yang DAPAT dan COCOK memegang kartu kredit. Siapa saja yang DAPAT dan COCOK? Saya akan membahasnya dipostingan berikutnya.

picture courtesy of www.fairloanrate.com and http://www.shutterstock.com and guardian.co.uk

Advertisements