Si Kambing

Si Kambing

Idul Adha adalah salah satu momen yang spesial bagi umat Islam. Selain berpotensi menambah hari libur (sayangnya tahun ini bertepatan dengan hari minggu. Hiks.), Idul Adha merupakan hari yang sangat seru karena syiar agama sangat meriah di hari ini. Setelah melaksanakan shalat sunnah, ramai-ramai umat Islam menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada golongan yang tidak mampu, sebagai bentuk ibadah dan berbagai terhadap sesama.

Ada beberapa pendapat mengenai hukum berkurban. Ada yang menyebutnya sunnah muakaddah, wajib, ataupun makruh jika tidak dikerjakan bagi yang mampu. Namun dari beberapa hadits menyebutkan bahwa mereka yang memiliki rizki yang cukup sangat disarankan untuk berkurban. Dan tidak perlu dipaksakan bagi yang belum memilikinya. Bagi saya, jika memang ada kelebihan dana, sangat baik jika kita berkurban, karena pendapat saya dengan menyembelih kurban justru membukakan pintu rizki dan menghindarkan kita dari segala kecemburuan dan bahaya.

So, saya yakin anda semua punya kelebihan dana (buktinya bisa dan sempet internetan. :D), mari kita mulai perencanaan untuk mempersiapkan dana berkurban tahun depan!

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah menentukan akan berkurban apa. Ada banyak pilihan untuk berkurban. Tapi untuk mempermudah, kita sempitkan pilihannya menjadi kambing atau sapi. Jadi? Sudah dipilih? Pilih kambing? Atau Sapi?

Si Sapi

Si Sapi

Setelah memilih, yang kedua, cari tahu harganya kalau kita mau beli sekarang. Kita misalkan harga Si Kambing sekarang yang bagus antara 1,5 juta – 2juta rupiah. Biar enak dan mudah, kita ambil yang paling mahal (sok-sokan) yaitu yang 2juta. Sedangkan Si Sapi yang baik kita misalkan seharga 17juta.

Setelah tahu harga, yang ketiga, sekarang mari kita perkirakan harga Si Kambing dan Si Sapi tahun depan. Kenaikan harga Si Sapi dan Si Kambing tiap tahunnya berkisar 5-10%. Lagi-lagi biar enak dan mudah, kita ambil yang paling tinggi kenaikannya. Jadi setelah kita hitung, harga tahun depan untuk Si Kambing adalah 2,2 juta sedangkan Si Sapi 18,7 juta.

Selanjutnya, keempat, memilih produk untuk penempatan dana yang kita inginkan. Ada beberapa produk yang dapat dipilih untuk menempatkan penyisihan dana ini diantaranya:

  1. Tabungan. Keuntungannya adalah dapat dicicil per bulan. Dengan bunga kotor 2%, maka penyisihan dananya per bulannya adalah sekitar 182 ribu untuk Si Kambing dan 1,6 juta untuk Si Sapi.
  2. Logam Mulia. Untuk Si Kambing cukup membeli yang 5 gram dan si Sapi 25 gram dan 10 gram. Kelebihannya, kita mungkin malah dapat sisa duit saat sudah dibelikan untuk hewan kurban. Kekurangannya kita tidak dapat mencicilnya, dan jika dicicil, terdapat biaya-biaya tambahan yang harus dikeluarkan.
  3. Deposito. Untuk Si Kambing perbulannya penyisihan dana sekitar 163 ribu dan Si Sapi sekitar 1,52 juta . Kekurangannya mungkin tidak ada bank yang menerima deposito dengan nilai sekecil itu.

Kelima atau terakhir, Action! Walaupun udah direncanaain kalo tidak direalisasikan mah sama juga boong. Ya gak?

Nah kurang lebih seperti itu perencanaan untuk persiapan kurban tahun depan. Daripada kaget harus mengeluarkan dana yang besar saat sudah dekat tanggalnya, lebih baik merencanakan dari sekarang.