ViceAllenatore (VICEallenatore footbALL playEr selectioN using Ahp meThod as decisiOn suppoRt systEm) yang dalam bahasa italia memiliki arti asisten pelatih adalah sistem pendukung keputusan (decision support system) yang dapat membantu pelatih dalam meningkatkan kualitas proses pemilihan pemain yang dilakukannya. ViceAllenatore adalah sistem yang penulis bangun dalam rangka pengerjaan tugas akhir untuk syarat kelulusan penulis dari Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sistem pendukung keputusan (decision support system) atau yang sering disingkat dengan DSS menurut wikipedia adalah sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dapat mendukung aktivitas pengambilan keputusan. Simpelnya, DSS ini adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu seseorang dalam membuat suatu keputusan agar keputusannya lebih efektif, efisien, dan berkualitas. Yang harus digarisbawahi adalah DSS ini bukan berfungsi sebagai pengganti dari orang tersebut, melainkan hanya membantu orang tersebut dalam mengambil keputusan.

Bagaimana ViceAllenatore dapat meningkatkan kualitas dari proses pemilihan pemain?

  1. ViceAllenatore menggunakan metode pengambilan keputusan yang sudah matang dan banyak digunakan oleh para pengambil keputusan yaitu Analytical Heurarchy Process yang akan menghasilkan bobot untuk tiap alternatif pemain yang dapat dipilih.
  2. ViceAllenatore memanfaatkan data historis dari statistik pertandingan dan latihan tiap individu pemain dalam pengolahan informasi dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini dapat mengurangi unsur subjektifitas dari pelatih karena yang digunakan adalah data riil yang benar-benar dihasilkan oleh tiap individu pemain dan bukanlah dari pendapat subjektif dari pelatih.
  3. ViceAllenatore mendukung kreatifitas pelatih dalam menciptakan posisi-posisi baru pada taktik yang digunakan dengan mendeskripsikannya pada aspek statistik pertandingan.
  4. ViceAllenatore menggunakan teknologi komputer sehingga proses perhitungan dan pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien.

Berikut beberapa contoh tampilan dari sistem.


Semoga sepakbola Indonesia makin maju dan berprestasi!!