Anda dapat mengakses versi original dari tulisan ini di sini.

=============================================

TANGGAPAN RESMI PLURK ATAS PERMOHONAN MAAF MICROSOFT

Saat ini kami sedang menjajaki berbagai kemungkinan yang ada mengenai apa yang akan kami lakukan selanjutnya dalam menanggapi pernyataan permohonan maaf dari Microsoft. Kami masih mempertimbangkan melanjutkan pilihan-pilihan hukum yang ada mengingat bahwa situasi ini sangatlah serius. Pada dasarnya Microsoft menerima dimintai pertanggungjawaban, namun mereka tidak menawarkan penyelesaian.

Plurk adalah sebuah usaha yang masih sangat muda yang kurang lebih dalam sejarahnya baru berusia 2 tahun. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang sangat, sangat, sangat kecil. Kami tidak mempunyai bagian Pemasaran, kami tidak mempunyai bagian Penjualan. Bahkan saya sendiri, sebagai salah satu pendiri Plurk, harus menulis press-release ini sendiri. Kami menghabiskan sebagian besar waktu yang kami miliki memproduksi dan menyempurnakan produk kami sendiri. Percobaan yang berulang-ulang, upaya manusia, dan nyaris semua sumber permodalan kami telah dikeluarkan untuk menyediakan sebuah lingkungan jejaring sosial yang unik dan beraneka ragam bagi para pengguna kami. Kami menulis sendiri kode-kode kami dan memberikannya kepada masyarakat pada waktunya (e.g. opensource.plurk.com). Kami bermain secara adil dengan harapan bahwa, seperti para pengusaha muda pada umumnya di luar sana, suatu hari kami mampu membantu menyelesaikan permasalahan orang lain dan mengembangkan perusahaan kecil kami.

Kejadian ini bukan sesederhana hanya mencuri kode; oleh karena keunikan produk dan antarmuka (user interface) kami, dibutuhkan usaha yang tidak sedikit untuk mempelajari dan menggali kode-kode kami dengan tujuan untuk meniru pengalaman pengguna produk kami, fungsi-fungsinya, dan hasil akhirnya. Produk ini kemudian diluncurkan dan dipromosikan secara besar-besaran oleh Microsoft dengan anggaran pemasarannya yang luar biasa besar.

Hormat saya,
Alvin Woon

Press contact: Dave Thompson (dave@plurk.com), Plurk Asia Pacific Press Contact, +64 9 889 0610.

translated by Nita Sellya

edited by Ade Anom