Yah, pada postingan ini, gw pengen ngebahas sesuatu yang lagi in dikalangan nak if. Terutama nak if06. Sesuatu itu bernama plurk.

kalo kata mbawiki (yang tentunya gw cari lewat omgugel):

Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat.

Dari mbawiki juga, gw akhirnya tau asal kata plurk (walaupun belum valid sih):

Kata Benda. plurk (plüer-kh) – adalah website nyaman yang memperbolehkan anda untuk menunjukkan peristiwa yang membuat hidup anda bagaikan daging yang enak dan gampang untuk dicerna. Rendah lemak, 5 kalori pada setiap pelayanannya, mempunyai manfaat yang banyak.

Kata Kerja. plurk (plüer-kh) – Untuk mencatat segala peristiwa yang anda lakukan, kumpulan tindakan, buku cerita, pesona hidup.

atau plurk jadi bahasa internasional gara-gara situs tersebut?? Wah saya tidak bisa menjawabnya…

Nah kalo buat gw sih plurk punya arti yang cukup simpel:

Plurk adalah fasilitas yang dibuat untuk memfasilitasi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yaitu nyampah (baca : nge-junk)

Ahaha… Mudah dimengerti kan?? Ehehe. Yang asik dari plurk tuh dia punya konsep yang namanya karma (kayaknya ini kerjaan marketingnya plurk deh). Apa itu karma??

Karma adalah suatu penilaian tertentu terhadap aktivitas anggotanya. Semakin tinggi poin karma seorang pengguna, maka semakin banyak pula fasilitas yang akan ia diperoleh. Sistem inilah yang mendorong para Pluker untuk terus aktif di Plurk.

Dalam Plurk, KARMA seorang pengguna akan naik berdasarkan pada :

  • Jumlah postingan ke Plurk.
  • Jumlah tanggapan diberikan terhadap pengguna Plurk lainnya.
  • Jumlah teman di ajak bergabung dengan Plurk
  • Jumlah pengguna yang mengajak pengguna menjadi teman.

Jadi semakin tinggi karma seseorang, semakin tinggi pula status sosial dia di dunia plurk (lebay). Selain itu dia juga dapat menggunakan emoticon-emoticon khusus. Beginilah kira-kira stratanya:

  • Karma lebih dari 10
    • Dapat memberikan judul/nama pada timeline sendiri.
  • Karma lebih dari 25
    //
  • Karma lebih dari 50
    //
  • Karma lebih dari 81
    //
  • Karma mencapai 100 ==> NIRVANA!!! (Argh… gw belum nyampe…)
    //
  • Lebih dari 10 teman berhasil diajak bergabung ke plurk:
    //

Lucu-lucu bukan? Selain bisa nyampah, kita juga bisa nyombong dengan menggunakan emoticon-emoticon strata tinggi. Ehehe…

Jadi kalau masih baru blom bisa gunain dong?? Ups, sebenernya bisa sih. Ini caranya. Ehehe.

Happy plurk-ing…

Advertisements