Pastinya kita semua pernah mendengar kota yang sangat terkenal yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Kota yang dengan ironis terkenal karena tercatat di buku sejarah dunia karena tragedi yang terjadi di kedua kota tersebut karena kekejaman perang dunia kedua. Yah, anda benar. Kota inilah yang pada perang dunia kedua dijatuhkon oleh tentara amerika sebuah teknologi hasil buatan manusia sendiri yang diberi nama bom atom.

Selama ini, saya hanya mendapatkan informasi bahwa kedua kota tersebut luluh lantak karena bom tersebut. Iseng-iseng, saya mencoba mencari gambar-gambar keadaan Hiroshima dan Nagasaki setelah bom itu terjadi. Inilah hasil pencarian tersebut:

Sangat naas bukan? Tidak terbayang lagi berapa jumlah manusia yang menjadi korban pada peristiwa ini. Kerugian materil pun pasti sangat besar. Yah. Memang inilah salah satu resiko yang mungkin didapat dari sebuah perperangan. Yups. Ini hanya salah satu dari ribuan bahkan jutaan resiko yang mungkin. Kejadian yang terjadi pada tahun 1945an ini lah salah satu penyebab jatuhnya kekuasaan Jepang di beberapa daerah jajahannya.

Huffff…

Kalau dipikir-pikir, 1945 adalah 64 tahun yang lalu. Yups. Tidak terasa sudah lewat dari setengah abat dari kejadian fenomenal tersebut. Saya jadi penasaran. Bagaimana keadaan kedua kota tersebut sekarang. Alhasil kembali saya melakukan pencarian. Dan berikut yang saya dapat (kalau sumbernya valid ya…):

WOW!!!

Itu satu kata yang langsung terucap dari mulut saya. Dalam waktu yang relatif cepat itu (walaupun setengah abad) kedua kota tersebut sudah bertransformasi jauh dari yang saya bayangkan. Satu hal yang langsung terlintas dipikiran saya, “Bagaimana caranya mereka melakukan itu??”.

Yah begitulah. Satu hal lagi yang membuat saya terkagum dengan negara Jepang. Jika dipikir-pikir asal, ternyata Jepang dan Indonesia mirip-mirip ato gak beda jauh. Di Jepang ada bom (walaupun jarang tapi ini bom atom men…) dan akrab dengan bencana (gempa udah kayak makanan sehari-hari). Indonesia? mirip kan? Bom juga ada (tentunya dalam intensitas yang lebih sering. hehe.). Bencana? wah ini mah udah gak kehitung lagi banyaknya…

Yah dari semua ini, hanya satu harapan saya. Paling tidak, saya berharap Indonesia bisa menjadi cermin dengan kota Hiroshima dan Nagasaki. Cermin selalu memantulkan hal yang sama dengan dunia nyatanya. Jadi saya berharap, Indonesia paling gak dapat menyamai kedua kota di Jepang itu. Bisa gak ya? Saya sih pengennya bisa. Lebih cepat lebih baik lagi biar saya masih sempet ngalaminnya…

Advertisements