Bagiku, himpunan adalah suatu organisasi non-profit yang mengumpulkan manusia-manusia didasarkan oleh persamaan profesi. Dan dikarenakan manusia-manusia yang berkumpul itu bergelar sebagai MAHASISWA, tentu saja himpunan tidak bisa lepas dari kewajiban dari mahasiswa itu sendiri. Dan sudah semenjak dahulu, pendahulu-pendahulu mahasiswa yang bijak di seluruh indonesia telah sepakat bahwa mahasiswa memiliki tugas yang terangkum dalam suatu darma yang disebut sebagai TRI DARMA PERGURUAN TINGGI.

Dari semua hal diatas, aku menyimpulkan tiga hal penting yang mendasari himpunan. Hal-hal itu adalah :

1. Keprofesian

2. Pengabdian Masyarakat

3. Kekeluargaan

Point pertama adalah sangat jelas jika dilihat dari definisi himpunan menurutku diatas. Point kedua adalah tugas mahasiswa seperti yang tercantum dalam TRI DARMA PERGURUAN TINGGI. Point ketiga, sebagai organisasi non-profit yang bersifat sukarela, himpunan membutuhkan kekeluargaan yang erat untuk bekerja bersama.

Dikaitkan dengan hal itu, HMIF menurutku harus memiliki karya yang nyata yang berguna bagi masyarakat dan tentu saja karya itu sesuai dengan latar belakangnya sebagai mahasiswa Informatika. Karya itu bisa berupa apa saja. Bisa dalam bentuk event perlombaan tentang keinformatikaan dengan tujuan untuk merangsang para pelaku informatika untuk berkompetisi dalam karya. Atau dalam bentuk seminar dengan tujuan untuk menyadarkan pentingnya informatika di masa global seperti sekarang ini. Atau dalam bentuk expo dengan tujuan untuk menampilkan pada khalayak luas akan canggih dan bergunanya produk-produk informatika. Atau dalam bentuk pengerjaan proyek untuk meningkatkan skillkeinformatikaan dan memenuhi kebutuhan pasar akan produk informatika.

Tanpa mengesampingkan itu semua, secara pribadi aku lebih suka dengan karya yang dapat langsung dinikmati oleh masyarakat. Tidak untuk menjelekkan apa dan siapapun, sebagai contoh, dapat kita lihat karya Elektro dengan palapanya untuk masyarakat kecil. Atau kita bisa melihat yang baru-baru ini diadakan adalah sipil dengan Civil for society nya yang juga untuk masyarakat kecil.

Ya, aku menyadari bahwa kita memiliki perbedaan dengan mereka semua. Salah satunya adalah karya kita membutuhkan perangkat yang tidak murah dalam pembangunan dan perawatannya. Hal itu amat aku sadari. Dari hal tersebut, aku banyak berfikir. Dan salah satu hasil pemikiranku adalah bahwasanya mungkin memang tidak tepat jika kita meniru sipil atau elektro berkarya untuk masyarakat kecil. Salah-salah, kita malah memberatkan mereka untuk merawat karya kita. Atau karya kita hanya bermanfaat sesaat. Aku berpendapat, mungkin, berlawanan dengan mereka yang berkarya untuk masyarakat bawah, kenapa kita tidak berkarya untuk masyarakat atas. Masyarakat atas di sini adalah masyarakat yang berada di atas. Masyarakat yang melabelkan diri mereka sebagai pemerintah.

Aku yakin, mereka-mereka yang di atas sudah mengerti pentingnya informatika. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan teknologi-teknologi informatika yang mereka terapkan dalam menjalankan pemerintahan. Dari hal tersebut, aku yakin seyakin-yakinnya bahwa mereka, setidaknya ada di antara mereka, yang telah mengerti tentang pentingnya informatika. Namun ironisnya, tidak jarang terdengar berita bahwa mereka-mereka yang berada di atas dalam pengaplikasian teknologi informatika “ditipu” oleh mereka-mereka yang notabanenya lebih mengerti tentang dunia keinformatikaan, sehingga pemerintah harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk itu. Dan lebih ironisnya lagi, banyak insan-insan yang ahli dalam bidang informatika yang tidak memperingati apalagi mencegah hal ini terjadi.

Dari sana aku bermimpi, suatu saat HMIF memiliki kepedulian kepada masyarakat yang tinggi. Suatu saat HMIF bersama-sama memiliki keinginan untuk mengabdi kepada masyarakat. Suatu saat HMIF bergerak bersama-sama untuk menghasilkan suatu karya (sistem) untuk mereka-mereka yang berada di atas. Dan dari karya itu dapat memungkinkan pemerintah untuk meningkatkan kualitas mereka terutama dalam bidang pelayanan kepada masyarakat. Ya, dan pada akhirnya, karya HMIF dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas.

Semoga dengan hal tersebut, HMIF dapat menunaikan utang dan tugasnya kepada masyarakat, namun tetap berada di jalan yang telah melahirkan mereka…

Tapi aku sadar mimpiku ini masih teramat sangat “prematur”…

it’s just my dream for you…