Apa Sih Financial Plan itu?

goals

Sebenernya apa sih financial plan itu? Kok kayaknya serem ya dengernya. Ah saya gak butuh deh.

Eiits. Sabar dulu. Sebenernya gak serem kok. Apalagi kalo bilang gak butuh. Kalo udah tau apa itu financial plan, pasti jadi ngerasa butuh. Bahkan pengen buat secepatnya. Jadi jangan pergi dulu ya. Mari kita cari tahu apa itu financial plan atau di Indonesia sering disebut rencana keuangan.

Sebenarnya financial plan itu luas, tapi yang saya bahas disini cuman personal financial plan saja, atau rencana keuangan individu, biar bisa pas ke kehidupan pribadi masing-masing.

Jadi apa sih financial plan itu?

Kalo ngomongin financial plan, sebenernya itu adalah produk hasil dari kegiatan financial planning atau perencanaan keuangan. Apa sih itu? Biar gampang, saya akan menjelaskan kegunaannya.

Manfaat Financial plan adalah panduan bagi seseorang untuk mencapai tujuan-tujuan keuangannya sesuai dengan karakter orang tersebut.

Apa aja tuh tujuan keuangan?

Ada banyak banget, contohnya: beli rumah, beli mobil, lanjut S2, sekolah anak, liburan ke Inggris, ato nikah lagi bro. Haha. Masih banyak sih yang lain.

Bentar-bentar, maksudnya karakter tuh apa?

Yang dimaksud karakter disini adalah kemampuan seseorang dalam menerima resiko dari suatu investasi. Jangan sampe investasi yang dilakuin malah bikin was-was tiap hari. Percuma kan investasi kalo bikin was-was, apalagi ampe jantungan. Ato malah bikin gregetan gara-gara produk investasi yang dipilih tumbuhnya gak tinggi.

Investasi kalo udah disertain sama financial plan terlebih dahulu, akan membuat orangnya tenang.

Hooo gitu. Trus panduannya itu gimana bentuknya?

Tergantung siapa yang buat sih. Tapi kalo pake jasa financial planner tertentu, kita akan dapet panduan brapa besar investasi yang harus dikeluarin tiap bulannya ato tiap tahunnya, sama kemana investasi itu harus ditempatin. Mungkin aja di Reksadana cocok, tapi mungkin juga di tabungan yang lebih cocok.

Jadi kita bakal tau dari pendapatan kita tiap bulannya, harus nyisihin berapa buat investasi. Sisanya ya buat menuhin kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa buat nikmatin hidup. Buat apa kerja nyari uang capek-capek kalo gak dinikmatin? Tanpa was-was lagi. Soalnya kan udah tau tujuan-tujuan masa depan sudah dikejar pake investasi yang udah diitung.

Hmm. Bagus juga tuh. Jadi kalo ada sale, gak usah merasa berdosa buat belanja ya? hahaha.

Hahaha. Kalo kebutuhan investasi yang udah terhitung itu udah disisihin, trus kebutuhan hidup sehari-hari juga udah, ya kejar aja salenya. Apalagi kalo di financial plannya udah dialokasiin perbulannya ada jatah buat ngejar sale.

Intinya bikin financial plannya dulu ajaa. Biar semuanya jelas… las… las…

Eh nanti dulu, ngomong-ngomong tadi disebut tabungan. Saya denger-denger sekarang nempatin uang ditabungan tuh rugi gara-gara kemakan inflasi. Kok tadi disebut?

Nah itu dia. Kalo orang yang gak paham ato mikirnya sempit emang bakal ngomong gitu. Tapi ada lo tujuan-tujuan yang emang paling tepat ditempatin di tabungan.

Hah? Apa tuh tujuan yang paling tepat ditempatin di tabungan?

Wah ada bro. Tapi saya harus cabut nih. Ada urusan lain. Ntar aja ya disambung lain kali.

Wah sayang banget nih. Saya mulai penasaran nih ama financial plan. Jadi pengen bikin juga.

Kalo saya sih nyaranin bikin. Secepatnya malah. Kenapa harus secepatnya, ntar ya lain kali jelasinnya. Hehe.

Satu pertanyaan lagi deh, jadi financial plan sama investasi tuh beda ya? Selama ini saya pikir sama loh.

Haha. Beda bro. Banyak sih yang nganggep gitu. Tapi beda bro. Financial plan tuh buat panduan investasi biar gak serabutan. hehe. Udah ya. Saya cabut dulu.

Oke bro. Thansk berat loh. Nanti saya tanya-tanya lagi.

Sip! Invest like a Smart People bro!

Picture courtesy from bestfinancenetwork.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: